Maskot Olimpiade Kelaminnya Tidak jelas


Wenlock dan Mandeville

LONDON, Kompas.com - Panitia pelaksana olimpiade London 2012 mengumumkan tokoh animasi Wenlock dan Mandeville sebagai maskot olimpiade dan paralimpik.

Menurut ketua panitia pelaksana Olimpiade (LOGOC), Lord Sebastian Coe, pemilihan maskot ditekankan pada sasaran kaum muda. "Kami menciptakan maskot ini buat anak-anak," kata Coe. "Mereka akan menghubungkan orang-orang dengan olah raga dan bercerita tentang sejarah olimpiade dan paralimpik."

Maskot Wenlock dan Mandeville ini memang bergaya futuristik -bergaya-gaya Alien- dnegan ciri-ciri mata satu dan meiliki jenis kelamin yang tidak jelas.

Nama-nama maskot tersebut diambil dari nama desa Much Wenlock di Shropshire. Di tempat inilah diselenggarakan kejuaraan olah raga pada abad 19 yang dipercaya orang Inggris sebagai cikal bakal olimpiade modern. Sementara Mandeville diambil dari nama rumah sakit di Buckinghamshire yang menjadi asal mula paralimpik, olimpiade orang-orang cacat.

Menurut orang-orang Inggris, kejuaraan olah raga di Wenlock abad 19 telah menginspirasi bapak Olimpiade modern, Baron Pierre de Coubertin untuk mencetuskan olimpiade di Athens, Yunani pada 1896.

"Kami sudah berbicara dengan banyak anak-anak," kata Coe. "Mereka tidak menginginkan maskot dengan bentuk yang lucu. Namun mereka menginginkan maskot yang bisa diajak interaksi dan memiliki makna sejarah yang dalam," lanjut mantan pelari terkenal Inggris pada dekade 1980-an.

Sebagai bagian promosi, pihak LOGOC akan membuat film animasi tentang dua tokoh ini. Mereka dapat menirukan gerak dan gaya para atlet ternama seperti sprinter Jamaika, Usain Bolt dan petinju Inggris, Amir Kahn. Wenlock dan Mandeville akan melakukan perjalanan dari Inggris pada 2010 hingga 2012. "Kami ingin tampil menyenangkan dan membuat kaum muda menyukai olah raga," kata Coe.

Untuk bulu tangkis, siapa kira-kira yang akan ditiru Wenlock dan Mandeville? Gaya Lin Dan? atau loncatan Markis Kido?


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Kamis, Mei 20, 2010
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar