50 Ribu Hektare Tanaman Padi di Jabar Terserang Hama

Metrotvnews.com, Bandung: Lebih dari 50.000 hektare (ha) tanaman padi di sejumlah daerah di Jawa Barat, terserang berbagai jenis hama, bahkan sebagian di antaranya terancam puso atau gagal panen.

Ketua Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jawa Barat (Jabar) Rudi Gunawan, Rabu (19/5), mengatakan serangan terparah terjadi di daerah pantai utara (pantura), antara lain Kabupaten Subang, Indramayu, dan Cirebon.

"Luas areal persawahan di Subang yang terkena serangan berbagai jenis hama, seperti ulat dan wereng coklat, mencapai 10 ribu hektare. Itu pun baru data sementara, karena masih dilakukan pemantauan," ujar Rudi.

Sedangkan luas areal persawahan di Cirebon, Indramayu, dan Karawang masih di bawah 10 ribu hektare. Selain di pantura, daerah Priangan Timur seperti Tasikmalaya, Ciamis, Sumedang, dan Garut juga terkena serangan hama tersebut. Namun, tidak seluas di pantura.

Namun, Rudi belum bisa memastikan kerugian materiil yang diderita petani akibat serangan hama tersebut, karena masih dihitung. "Kami belum bisa menyimpulkan. Yang pasti, mencapai ratusan juta rupiah," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi merebaknya serangan hama ke berbagai kota dan kabupaten lainnya, Rudi berharap pemerintah segera turun tangan dan memberikan bantuan obat antihama, seperti pestisida.

"Hingga saat ini belum ada bantuan apa pun dari pemerintah kota, kabupaten, dan provinsi, serta pemerintah pusat. Padahal, sekarang ini tengah mengalami penurunan daya beli karena tidak sedikit tanaman padi mereka gagal panen akibat terkena banjir dan longsor," ujar Rudi.

Menurutnya, siklus hama diperkirakan akan terus meningkat, terutama memasuki musim kemarau. (MI/ICH)


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Rabu, Mei 19, 2010
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar