Video Penampakan Supermoon

Fenomena Supermoon membuat kita kagum akan keindahan bulan.Bulan yang tadinya kecil dipandang mata sekarang jadi semakin besar dan terang benderang.

Alhasil malampun terlihat terang,seiring terangnya rembulan.

Seperti apa fenomena Supermoon yang terjadi pada tanggal 20 maret 2011 dini hari tadi,

Fenomena Supermoon ini sering dikaitkan dengan bencana lho, antara lain :

1.Pada Malam Natal tahun 1974 kota negara bagian Darwin Negara Australia diterjang topan Tracy. Topan dengan kecepatan maksimal 240 kilometer per jam itu mulai terbentuk 21 Desember, menerjang hebat pada malam Natal sampai 3 hari kemudian dan menghilang 26 Desember 1974.

2.Peristiwa Tsunami Aceh pada Desember 2004,dua pekan kemudian bumi dihampiri Supermoon.


Tetapi pendapat diatas dibantah Thomas Djamaluddin, Astronom Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) bahwa
IMG00113 20110320 0251 Video Penampakan Supermoon

Video Penampakan Supermoon

kabar menghebohkan itu tidak ilmiah, Supermoon tidak berarti bencana. Itu hanya posisi reguler. Orbit benda langit memang ada di jarak terdekat (perigee) dan terjauh (apogee). Posisi bulan hanya mendekati bumi dan hanya akan berpengaruh pada efek pasang surut. Posisi bulan mendekati bumi, tambah dia, hanya akan berpengaruh pada efek pasang surut. “Rata-rata maksimal tergantung kondisi pantainya.”

Sementara itu, pakar bumi dan planet dari Adelaide University, Dr. Victor Gostin punya pendapat agak berbeda. Dia mengatakan, selama ini prediksi cuaca, gempa, gunung meletus, dan bencana alam lainnya berdasarkan konfigurasi planet tidak pernah akurat sepenuhnya. Namun, menurut dia dimungkinkan ada suatu korelasi antara gempa bumi berskala besar di dekat katulistiwa dan kondisi bulan. “Analoginya seperti pasang surut air laut, pergerakan bumi akibat gravitasi bulan bisa memicu gempa bumi.”

Tetapi kita hendaknya jangan khawatir,tetap waspada saja.Namanya hidup memang tidak menentu,Semoga pertanda Supermoon adalah Indonesia semakin lebih baik dari sebelumnya.



Ditulis Oleh : Unknown // Minggu, Maret 20, 2011
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar