Apa Arti Dari Trikoma

Trikoma adalah tonjolan epidermis yang terdiri dari satu atau lebih sel. Trikoma dapat dikelompokkan dalam beberapa golongan : (1) trikoma non glandular (bukan rambut kelenjar) seperti rambut sisik, rambut bintang, rambut bercabang, dan rambut tunggal, (2) trikoma glandular (rambut kelenjar) misalnya trikoma hidatoda, kelenjar garam, kelenjar madu, dan rambut gatal, dan (3) rambut akar merupakan tonjolan sel epidermis akar, berdinding tipis dan bervakuola besar. Hanya sel-sel trikoblas yang dapat membentuk rambut akar.

2.2 Exodermis

Exodermis terbentuk dari lapisan sel di bawah epidermis dimana dinding selnya mengalami penebalan dengan suberin dan lignin. Tebal exodermis bervariasi mulai dari satu lapis sel sampai beberapa lapis. Kadang-kadang di sebelah dalam exodermis terdapat sklerenkim sebagai jaringan penguat.

2.3 Endodermis

Endodermis tersusun atas sederet sel yang membentuk silinder dan terdapat pada hampir semua tumbuhan tingkat tinggi. Silinder sel ini menjadi batas dalam dari korteks akar serta melindungi bagian dalam dari akar (stele). Mula-mula sel penyusun endodermis ini membentuk penebalan seperti pita melingkar sepanjang dinding, sehingga dinamakan pita Caspary. Sel endodermis yang berhadapan dengan xilem tidak segera mengalami penebalan sehingga hanya mempunyai pita Caspary. Sel-sel semacam ini disebut sel peresap karena dianggap mampu melalukan air dan senyawa yang larut di dalamnya dari korteks ke stele dan sebaliknya.

2.4 Jaringan Gabus

Terdiri atas sel-sel mati, mempunyai penebalan dinding terdiri dari suberin serta berasal dari hasil pembelahan kambium gabus. Bentuk gabus umumnya dapat dibedakan atas dua jenis, yaitu yang besar berdinding tipis dan yang pipih berdinding tebal. Dengan adanya penebalan sekunder, jaringan gabus bersama jaringan lain yang berlekatan membentuk ritidoma (kulit kayu) yang nanti akan terkelupas. Umumnya bagian pucuk tumbuhan yang luka akan segera ditutup oleh jaringan gabus luka. Dari jaringan yang hidup akan terbentuk folagen yang membentuk gabus untuk melindungi tubuh dari kehilangan air dan serangan jamur atau bakteri.


Ditulis Oleh : Unknown // Kamis, Maret 17, 2011
Kategori:

1 komentar: