Sistem Informasi Berbasis IT di Terong

Lokasinya memang di pelosok, tetapi pengembangan sistem informasi di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarata, justru berkembang pesat. Desa tersebut telah dilengkapi website, radio komunitas, buletin desa, dan teknologi layar sentuh di kantor desa.

"Desa kami identik dengan kawasan tertinggal, karena lokasinya terpencil. Secara geografis, kami memang berada di kawasan perbukitan. Makanya sistem informasi menjadi kebutuhan utama supaya bisa diterima secara merata oleh warga," kata Sudirman, Kepala Desa Terong, dalam acara workshop keterbukaan informasi publik di pendapa Parasamya, Bantul, Kamis (19/8/2010).

Menurutnya, sistem informasi desa dibangun tahun 2009. Setiap program desa selalu diumumkan terbuka melalui radio komunitas, buletin, dan layanan digital layar sentuh. "Tujuannya untuk menghindari kecurigaan publik. Keterbukaan informasi sekaligus menjadi kontrol bagi para pejabat di tingkat desa," katanya.

Website Desa Terong beralamat di http://terong-bantul.web.id, sementara radio komunitas mengudara pada frekuensi 87.1 MHz dan 107.7 MHz. Pemerintah desa juga membuka layanan pesan singkat melalui telepon seluler. Pesan-pesan tersebut selanjutnya ditampilkan di website.


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Kamis, Agustus 19, 2010
Kategori:

1 komentar: