Pelajar dan Mahasiswa Yogyakarta Bagi Bibit Pohon Gratis

Jakarta - Ratusan pelajar dan mahasiswa Yogyakarta memmembagi-bagikan berbagari macam bibit pohon secara gratis. Aksi bagi-bagi bibit ini dilakukan dalam memperingati hari lingkungan hidup se-dunia.

Aksi ini digelar di Simpang Tugu Yogyakarta, Sabtu (5/6/2010) pukul 08.00 WIB. Aksi ini diprakarsai oleh Ikatan Mahasiswa Yogyakarta (IMAYO) bersama Yayasan GreenNet Indonesia dan puluhan pelajar SD Taman Siswa, SMP dan SMA.

Para peserta tampak mengenakan kaos putih-hijau bertuliskan "Aku Sahabat Alam". Turut hadir juga dalam acara itu wakil bupati terpilih dari Sleman, Yuni Satia Rahayu dan Dandim 0734 Yogyakarta Letkol Arudji Anwar.

Sebanyak 1.500 bibit pohon Jati, Sengon, Trembesi dan Mahoni dibagi-bagikan
kepada pengendara yang melintas di kawasan tersebut. Selain membagikan bibit
pohon, peserta aksi juga membagikan leaflet yang berisi pentingnya menyelamatkan lingkungan hidup yang dimulai di lingkungan sekitar.

Pohon tersebut dibagikan kepada pengendara saat lampu lalu-lintas menyala merah. Saat lampu menyala hijau, peserta aksi kembali berada di jalur pembatas menunggu lampu menyala merah kembali.

Saat bibit pohon itu dibagikan, banyak pengguna jalan yang menyambut dengan baik dan menerima pemberian pohon gratis tersebut. Namun ada pula pengendara yang tidak mau menerima. Bahkan saat para pelajar mengetuk pintu kaca mobil, pengendara masih tetap tidak mau membukanya.

Karena tidak bersedia, para peserta aksi kemudian menyerahkan pohon itu kepada yang bersedia menerimanya saja.

"Memang ada yang mau dan ada juga yang tidak. kalau tidak mau, kami sudah
meminta pelajar untuk tidak memaksa dan kita berikan kepada yang lain. Pesan
kami tanamlah pohon ini di sekitar kita. Aksi ini sebagai gerakan penyadaran
penyelamatan dan pelestarian lingkungan hidup," kata koordinator aksi Anton
Prasojo.

Arudji Anwar dihadapan peserta aksi menyatakan pihaknya mendukung pihak-pihak yang berupaya melakukan penyelamatan lingkungan hidup agar alam tetap hijau dan lestari. Saat ini Kodim 0734 Yogyakarta menyiapkan sebanyak 7 ribu bibit pohon trembesi untuk ditanam di jalan-jalan yang ada di Kota Yogyakarta.

"Pohon trembesi itu dapat menyerap langsung CO2, sisa emisi kendaraan bermotor. Ini mulai kita lakukan pada bulan Juli mendatang," katanya.

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Blog Ini.Dan Folow AkuJagoan Dalam Facebook AkuJagoan.Dan Harap Untuk Mengisi Buku Tamu.Terima Kasih Atas PerhatianNya.


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Sabtu, Juni 05, 2010
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar