Astra Bakal Miliki ASF Sepenuhnya


Kompas.com/Zulkifli BJ/AHM/Astra Group

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra International Tbk melakukan Conditional Share Sale and Purchase Agreement dengan General Electric Capital Corporation Kamis (10/6/2010) terkait pembelian saham di PT General Electric Services (GES), sebesar 100 dari total jumlah saham yang telah dikeluarkan oleh GES.

Bersamaan dengan itu, ditandatangani juga SP Conditional Share Sale and Purchase Agreement sehubungan dengan pembelian saham milik General Electric Capital Asia Investments Inc. oleh AI di PT Sedaya Pratama (SP) sebesar 47 persen dari total jumlah saham yang telah dikeluarkan oleh SP, pemilik dan pengelola beberapa properti yang digunakan oleh lini bisnis keuangan.

Menurut siaran pers yang diterima Kompas.com, kedua transaksi di atas akan efektif tergantung pada pemenuhan conditions precedent, termasuk diantaranya persetujuan dari kreditur PT Astra Sedaya Finance (ASF) terkait dengan pembelian saham di GES, mengingat GES merupakan pemilik dari 47 persen saham ASF.

"Apabila kedua transaksi tersebut telah berlaku efektif, maka portofolio anak perusahaan di Grup AI mengalami penambahan, dimana AI memiliki kepemilikan saham sebesar 100 persen dari total jumlah saham yang telah dikeluarkan oleh GES sehingga kepemilikan saham di ASF naik dari 53 persen menjadi 100 persen. Demikian pula kepemilikan saham AI di SP, naik dari semula 53 persen menjadi 100 persen," papar Chief of Corporate Communication AI Arief Istanto.

Disebutkan, pada kedua anak perusahaan AI tersebut (ASF dan SP), saat closing, PT Arya Kharisma akan memegang 1 saham, untuk memenuhi ketentuan minimal banyaknya pemegang saham di sebuah Perseroan Terbatas sebagaimana diatur Pasal 7 Ayat (1) Undang-undang Perseroan Terbatas No. 40 Tahun 2007.

"Setelah semua conditions precedent yang dipersyaratkan dalam Conditional Share Sale and Purchase Agreement (CSPA) terpenuhi termasuk persetujuan dari kreditur ASF, maka Astra akan menjadi pemilik 100 persen saham ASF dan tentunya tidak hanya akan meningkatkan kontribusi dari sektor keuangan tetapi juga strategis sangat menunjang bisnis otomotif terutama empat roda," tambah Arief.


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Blog Ini.Dan Folow AkuJagoan Dalam Facebook AkuJagoan.Dan Harap Untuk Mengisi Buku Tamu.Terima Kasih Atas PerhatianNya.


0 komentar:

Posting Komentar