Agar Daging Panggang Matang Sempurna


KOMPAS.com - Ingin membuat acara barbeque untuk teman-teman atau keluarga dekat? Kuasai dulu teknik memanggang, termasuk menyiapkan peralatannya. Penanganan daging yang tepat akan mencegah daging menjadi keras atau gosong. Berikut tips-nya:

Buang lemaknya
Kelebihan lemak pada tepi luar daging akan mengurangi kemungkinan daging gosong ketika dibakar. Hasilnya justru adalah daging yang kering di bagian luar, namun juicy di bagian dalamnya. Selain itu, dengan membuang lemaknya, Anda bisa menghindari minyak yang menetes-netes di atas bara api (dan dengan sendirinya mengontrol kualitas apinya).

Lebih banyak bumbu
Ingin agar bumbu meresap sempurna ke dalam daging? Rendam daging di dalam bumbu selama 12-24 jam. Simpan ke dalam lemari es untuk memastikan penyerapan yang optimal dan membuat daging lebih empuk. Untuk mengukur jumlah bumbu yang pas, gunakan satu atau dua cangkir saus untuk setiap 680 - 900 gr daging.

Minyaki pemanggangnya
Anda tentu tidak ingin diberi tugas membersihkan alat pemanggang yang penuh dengan daging bercampur saus yang sudah menjadi arang, bukan? Untuk menghindari pemanggang menjadi berkarat akibat arang yang tidak dibersihkan dengan sempurna, minyaki dulu alat pemanggang sebelum digunakan. Gunakan sikat bergagang panjang untuk mengoleskan minyak zaitun di seluruh permukaan pemanggang untuk mencegah daging menempel.

Panaskan dulu pemanggangnya
Ketika Anda siap memasak, pastikan pemanggang sudah dalam keadaan panas sebelum meletakkan daging di atas kisi-kisinya. Cara ini akan memadatkan lapisan luar dari filet, steak, atau iga, dan dengan cepat melindungi bagian yang lebih empuk di dalamnya.

Jaga kelembaban
Para pembuat steak yang jagoan menerapkan trik yang asyik untuk menjaga agar daging tetap lembut selama dipanggang, yaitu dengan meletakkan kaleng minuman yang terbuka di dekat api (tetapi jauh dari daging). Hal ini akan meningkatkan kelembaban dalam area pembakaran.

Jangan membolak-balik daging
Memperlakukan daging secara berlebihan hanya akan memperburuk kondisinya, ketimbang memperbaikinya. Misalnya, membolak-baliknya, menekannya dengan spatula, atau memastikan kematangannya dengan garpu. Kesalahan terbesar adalah terlalu sering membolak-baliknya, meskipun hal ini sebenarnya dilakukan untuk menghindari daging gosong. Hasilnya, daging justru jadi kering dan keras. Sedangkan menekan daging steak atau burger akan memaksa intisari daging menetes dan membuatnya kering. Hal yang sama juga terjadi ketika Anda menusuk-nusuk daging dengan garpu. Jika Anda memang ingin daging matang sempurna, gunakan grilling thermometer. Untuk membalik daging, gunakan penjepit atau spatula.


Terima Kasih Atas Kunjungan Anda Ke Blog Ini.Dan Folow AkuJagoan Dalam Facebook AkuJagoan.Dan Harap Untuk Mengisi Buku Tamu.Terima Kasih Atas PerhatianNya


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Jumat, Juni 04, 2010
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar