Kecelakaan Air India Kesalahan Pilot?


AFP/STR
Regu penolong mencari korban di reruntuhan pesawat Boeing 737-800 Air India Express yang mengalami musibah di Bandara Bajpe, Bangalore, India.

— Tragedi kecelakaan Air India di Bandara Mangalore masih menyisakan sejumlah tanya. Salah satu yang paling krusial yakni mengenai penyebab kecelakaan yang menewaskan 159 orang tersebut.

Menurut laporan NDTV, kecelakaan kemungkinan terjadi akibat kesalahan pilot. Berdasarkan laporan media tersebut, kecelakaan berawal dari kesalahan pilot dalam menempatkan posisi mendarat hingga pesawat terbang keluar landasan pacu.

Pilot tersebut kemudian berusaha menghentikan laju pesawat dengan mengerem mendadak. Pada saat itulah ban kemudian meledak yang menyebabkan pesawat berbelok dan menabrak antena di ujung landasan. Oleh karena itu, pesawat pun akhirnya terbelah dua dan mulai terbakar di ujung landasan.

Namun, penyebab kecelakaan karena kesalahan pilot ini juga masih dipertanyakan. Sang pilot, Z Glucia, dinilai sangat berpengalaman karena memiliki catatan menerbangkan pesawat sampai 10.000 jam dan telah melakukan 19 kali pendaratan di Bandara Mangalore. Sementara itu, kopilot S S Ahluwalia mengantongi 3.000 jam terbang dan melakukan 66 kali penerbangan di lokasi kejadian.

Menurut sumber NDTV, pilot tidak melaporkan adanya kegagalan operasi peralatan dalam pesawat kepada aiport traffic control (ATC) sesaat sebelum melakukan pendaratan. Maka dari itu, untuk menguak misteri penyebab kecelakaan, hal itu ada pada kotak hitam yang telah ditemukan Direktur Jenderal Perhubungan Udara India.

Seperti diberitakan. akibat kecelakaan ini Airport Mangalore segera ditutup untuk melakukan evakuasi terhadap korban. Kecelakaan yang menimpa pesawat dengan layanan tiket murah ini merupakan kecelakaan udara paling parah yang terjadi di India selama satu dekade.

Adapun tragedi Air India tersebut terjadi Sabtu (22/5/2010) pada pukul 06.30 waktu setempat. Pesawat Boeing 737-800 Air India Express dengan kode penerbangan IX 812 ini terbang dari Dubai menuju Mangalore serta mengangkut 160 penumpang dan enam awak.

Tulisan Di Atas Boleh Di Copy Dan Paste.Tulis Asal NaraSumber..


Ditulis Oleh : Fauzi Akbar // Minggu, Mei 23, 2010
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar